Pelajaran Matematika Menghitung Rata-rata (Mean)

Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990

Sebelum berjalan lebih jauh kita akan jabarkan langsung apa arti rata-rata?, apa arti mean?, apa arti median dan arti modus, kemudian cara menghitung rata-rata(mean)

Istilah rata-rata, rata-rata, median, dan modus biasanya dikacaukan satu sama lain karena semuanya menjelaskan cara berbicara tentang kumpulan angka. Untuk melihat bagaimana setiap istilah bekerja, katakanlah sembilan siswa mengikuti kuis, dan skornya adalah 91, 84, 56, 90, 70, 65, 90, 92, dan 30.

Apa arti  rata-rata?

Dalam bahasa sehari-hari, rata-rata adalah satu angka yang diambil sebagai perwakilan dari daftar angka yang tidak kosong. Konsep rata-rata yang berbeda digunakan dalam konteks yang berbeda. Seringkali "rata-rata" mengacu pada mean aritmatika, jumlah angka dibagi dengan berapa banyak angka yang dirata-ratakan. Dalam statistik, mean, median, dan mode semuanya dikenal sebagai ukuran tendensi sentral, dan dalam penggunaan sehari-hari, semua ini dapat disebut nilai rata-rata.

Apa arti mean?

Ketika seseorang meminta rata-rata sekelompok angka, kemungkinan besar mereka meminta rata-rata aritmatika. "Mean" aritmatika dihitung dengan menambahkan beberapa kuantitas bersama-sama dan membagi jumlah dengan jumlah kuantitas. Untuk contoh kita, kita perlu menjumlahkan sembilan skor kuis dan kemudian membagi jumlahnya dengan sembilan. Jadi, rata-rata yang dibulatkan, atau rata-rata, skornya adalah 74. (91 + 84 + 56 + 90 + 70 + 65 + 90 + 92 + 30 = 668. 668 dibagi 9 = 74.)

Apa arti median?

Median adalah bentuk lain dari rata-rata. Biasanya mewakili angka tengah dalam urutan angka tertentu saat diurutkan berdasarkan peringkat. Ketika skor kuis terdaftar dari terendah ke tertinggi: 30, 56, 65, 70, 84, 90, 90, 91, 92, atau tertinggi ke terendah: 92, 91, 90, 90, 84, 70, 65, 56, 30, kita dapat melihat bahwa median, atau tengah, skor adalah 84.

Apa arti modus?

Modus adalah nilai yang paling sering dalam satu set data. Untuk peserta tes kami, modus, atau yang paling umum, skornya adalah 90.

Perbedaan antara Rata-rata dan Mean

Secara matematis, rata-rata dan mean mirip satu sama lain karena digunakan untuk menjelaskan himpunan angka.

  • Rata-rata dapat didefinisikan sebagai jumlah semua angka dibagi dengan jumlah total nilai. Mean dapat didefinisikan sebagai rata-rata dari kumpulan nilai dalam sampel data.
  • Dengan kata lain, rata-rata juga disebut rata-rata aritmatika. Menggambarkan rata-rata disebut mean. Ada 2 jenis mean lainnya - mean harmonik dan geometris.
  • Rata-rata dihitung untuk sekumpulan angka yang memiliki rentang nilai yang sama. Mean sebagian besar digunakan dalam Statistik di mana kumpulan nilai memiliki perbedaan besar atau mereka terkait erat satu sama lain.
  • Rata-rata mewakili satu angka dari daftar angka. Mean adalah titik pusat di antara himpunan angka.
  • Penggunaan rata-rata terlihat dalam kehidupan sehari-hari sebagai percakapan dalam bahasa Inggris. Penggunaan mean terlihat sebagian besar dalam arti teknis dan matematis.
  • Melalui rata-rata, kita juga dapat mengetahui nilai median dan modus. Di sisi lain, mean tidak memberikan median dan modus meskipun ketiganya - mean, median, dan modus, bekerja erat dalam Statistik.
Untuk lebih lanjut dan mendalami lagi, termasuk, gambar, rumus-rumus dan soal berikut pembahasannya

Menghitung Rata-rata (Mean)



Tag:


contoh soal mean
rumus mean
rumus rata-rata mean
median adalah
mean, median, modus
modus adalah
nilai rata-rata
rumus mean data tunggal
contoh soal median
contoh soal mean, median, modus
contoh soal mean, median, modus data kelompok dan penyelesaiannya
rumus mean data kelompok
rumus median data tunggal
rumus median data kelompok
rumus modus

Bimbel Jakarta Timur BJTV.eu

web bjtv.eu bimbel jakarta timur adalah sebuah situs web mendukung saluran YouTube yang menyediakan layanan bimbingan belajar di Jakarta Timur

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama